Selasa, 23 Desember 2014

I. MUQODIMAH
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Robb semesta alam yang telah menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi seluruh hambanya. Sholawat beriring salam semoga selalu tercurah atas Rosulullah SAW. juga terhatur kepada keluarganya, shahabat-shahabatnya dan setiap umatnya yang senantiasa berpegang teguh dengan ajarannya hingga akhir zaman.

II. Latar Belakang
Torehan sejarah peradaban bangsa Indonesia telah menjadi saksi bahwa perkembangan tidak pernah luput dari kiprah umat Islam baik sebelum, ketika maupun setelah kemerdekaannya hingga hari ini. Walaupun varianya masih sangat beragam, hal ini disebabkan karena umat Islam menduduki mayoritas dari penduduk negeri ini yang hingga kini belum memiliki Wihdatul Aqidah, Wihdatul Ghoyah, Wihdatu TalaqiI dalam memahami Ad-dien, serta belum memiliki Wihdatul Imaroh dalam urusan besar kaum muslimin.

Pada sisi yang lain, pendidikan pesantren telah dikenal oleh bangsa ini, kerena perannya mampu menjangkau seluruh lapisan kehidupan manusia. Namun demikian eksistensinya selalu dianggap pusat penebar bau kurang sedap bagi para penguasa negri ini. Dampak negativ dari perlakuan tersebut sangatlah luas, terutama bagi para pemerhati dan penyelenggara pendidikan kepesantrenan, walupun kematangan sikap, mental, sosial dan keyakinan akan kebenaran yang dibawanya makin positiv. Sedang perkembangan jumlah lembaganyapun hingga kini mencapai kurang lebih 16.000 pesantren. Keadaan ini merupakan pemicu utama bagi lawan-lawan Islam dalam upaya menghilangkan Dien Alloh dari bumi ini.

Maha benar firman Alloh dalam surat Ash Shaf ayat 8 yang artinya :
“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir benci”.

Manajemen merupakan disiplin ilmu untuk membantu manusia dalam mengatur aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga keseimbangan antara waktu, kemampuan, dana, sarana dan tujuan selalu dijadikan acuan dasar dalam merencanakan sebuah program guna meminimalkan kegagalan yang mungkin terjadi. Disiplin masih mendapatkan protek berlebihan bagi kalangan pesantren yang telah menganut menejemen Kyai/sentralistik sejak jaman dahulu. Padahal jika pesantren mampu berbenah diri dengan sentuhan manajemen modern dijadikan sarana dalam memenej kerjanya dengan tetap menjaga Dien dan Ta’limnya maka akan mendapatkan percepatan pencapaian yang lebih optimal. Hal ini karena pesantren memiliki 5 aspek yang tidak dimiliki siapapun dari penyelenggara lainnya, yaitu :
1. Keikhlasan.
2. Ukhuwah.
3. Keteladanan pada Ulama.
4. Ketaatan pada pimpinan.
5. Bai’ah mustaqilah setiap harinya selama 24 jam.
Anasir inilah yang bisa dijadikan modal utama untuk meraih masa depan yang gemilang.

III. Profil Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna Putri sebagai lembaga kader calon du’at dan khufadz yang siap diterjunkan di masyarakat sebagai penerus da’wah islamiyah. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna Putri mendidik lulusan tingkat SLTP/MTs selama 3 tahun dengan spesifikasi lulusan,
1. Hafal Al Qur’an 30 juz dengan sistem 10 poin
2. Memahami dasar-dasar ulumuddien
3. Memiliki aqidah salimah dan akhlakul karimah
4. Memiliki kecakapan berbahasa arab
5. Terlatih hidup mandiri
6. Memiliki keterampilan berwirausaha
 
IV. Visi dan Misi
VISI
Menjadi salah satu lembaga pendidikan Tahfidzul Qur’an yang akan melahirkan para huffadz wa du’at ditengah- tengah suasana globalisasi dalam semua aspek kehidupan.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan Tahfidhul Qur’an berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah
2. Mendidik generasi yang mampu berinteraksi dengan Al Qur’an secara bacaan, hafalan dan pemahaman
3. Menyiapkan kader huffadz ditengah-tengah globalisasi dalam semua aspek kehidupan

V. Motto
1. Salamtul aqidah
2. Shohihul ibadah
3. Akhlakul karimah
4. Amilin fie sabilillah

VI. Program Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna Putri
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna Putri mendidik lulusan tingkat SLTP selama 3 tahun dengan spesifikasi lulusan :
1. Hafal Al Qur’an 30 juz dengan sistem 10 poin
2. Memahami dasar-dasar ulumuddien
3. Memiliki aqidah salimah dan berakhlakul karimah
4.. Mampu berbahasa arab Intensif, membaca dan memahami kitab-kitab berbahasa arab
5. Terlatih hidup mandiri dan memiliki keterampilan berwira usaha

VII. Muatan Mata Pelajaran
1. Aqidah
2. Fiqih wa Usuluhu
3. Tafsir wa ulumuhu
4. Hadits wa ulumuhu
5. Fiqhu da’wah
6. Lughotul arobiyah wa qowaiduhu
7. Ekstra kurikuler
8. Dan materi penunjang lainnya

VIII. Struktur Dan Muatan Kurikulum
1. Struktur Kurikulum Tahfidzul Qur’an
SEMESTER TARGET HAFALAN
Semester 1 Juz 1 – 5
Semester 2 Juz 6 – 10
Semester 3 Juz 11 - 15
Semester 4 Juz 16 - 20
Semester 5 Juz 21 - 25
Semester 6 Juz 26 - 30

2. Ketentuan Setoran Hafalan
a. Waktu hafalan dimulai setelah subuh s/d pukul 06:00 WIB dibimbing oleh pengampu Tahfidz
b. Setoran hafalan minimal 1 muka dan dimulai jam 07:00 s/d 08:00 WIB
c. Tiqror hafalan dimulai setelah ashar s/d 16:30

3. Sistem Setoran
No. Tanggal Hari Surat Hal Ayat Ket.
1 01-01-13 Sabtu Al Baqarah Juz 1 2 01 - 05
2 Ahad 3 06 - 16
3 Senin 4 17 - 24
4 Selasa 5 25 - 29
5 Rabu 6 30 - 37
6 Kamis 7 38 - 48
7 Jum’at muroja’ah halaman 2-7
8 Sabtu Al Baqarah Juz 1 8 49 - 57
9 Ahad 9 58 - 61
10 Senin 10 62 - 69
11 Selasa 11 70 - 76
12 Rabu 12 77 - 83
13 Kamis 13 84 - 88
14 Jum’at muroja’ah halaman 2-13
15 Sabtu Al Baqarah Juz 1 14 89 - 93
16 Ahad 15 94 - 101
17 Senin 16 102 - 105
18 Selasa 17 106 - 112
19 Rabu 18 113 - 119
20 Kamis 19 120 - 126
21 Jum’at muroja’ah halaman 8-19
22 Sabtu Al Baqarah Juz 1 20 127 - 134
23 Ahad 21 135 - 141
24 Senin
25 Selasa
26 Rabu
27 Kamis
28 Jum’at muroja’ah 1 juz

4. Struktur Kurikulum Mata Kuliyah
Semester 1
No Mapel Buku Panduan Pengarang JJM
1 Aqidah Aqidah Al Islamiyah 4
2 Fiqih Fiqih sunnah wa’adilatuhu 2
3 Tafsir T. Ibnu katsir 2
4 Hadits Ulumul Qur’an Man’ul Qathan 2
5 Fiqhu Da’wah 4
6 Nahwu Wadhih 4
7 Shorof Amtsilatutasrifiyah 4
8 Bahasa Arab Silsilah 4
Jumlah jam pelajaran 1 pekan 24

Semester 2
No Mapel Buku Panduan Pengarang JJM
1 Aqidah Fiqih sunnah wa’adilatuhu 2
2 Fiqih 4
3 Tafsir Ibnu Katsir 4
4 U. Qur’an Man’ul Qathan 2
5 U. Fiqih Mabadi’ 2
6 Fiqhu Da’wah 4
7 Nahwu Wadhih dan Qowaidul I’lal 2
8 Shorof Kailani 2
9 Bahasa Arab Silsilah 2
Jumlah jam pelajaran 1 pekan 24

Semester 3
No Mapel Buku Panduan Pengarang JJM
1 Aqidah Aqidah Al Islamiyah 2
2 Fiqih iqih sunnah wa’adilatuhu 4
3 Tafsir 4
4 U. Qur’an Man’ul Qathan 2
5 U. Fiqih As Sulam 2
6 Fiqhu Da’wah 2
7 Nahwu Wadhih 4
8 Shorof ailani Kailani 2
9 Bahasa Arab Silsilah 2
Jumlah jam pelajaran 1 pekan 24

Semester 4
No Mapel Buku Panduan Pengarang JJM
1 Aqidah Aqidah Al Islamiyah 2
2 Fiqih Fiqih sunnah wa’adilatuhu 4
3 Tafsir 4
4 U. Qur’an Man’ul Qathan 2
5 U. Fiqih As Sulam 2
6 Fiqhu Da’wah 2
7 Nahwu Wadhih 4
8 Shorof Kailani Kailani 2
9 Bahasa Arab Silsilah 2
Jumlah jam pelajaran 1 pekan 24

5. Muatan Mata Pelajaran.
No. Mata Kuliyah Tujuan Pengajaran
1 Tauhid Mampu memahami, mengamalkan dan mempertahankan Aqidah Islamiyah as-salimah dalam kehidupan bermasyarakat.
2 Tafsir Mampu memahami kandungan, maksud dan penerapan ayat-ayat Al Qur’an secara benar, agar dapat mengaplikasikan secara tepat dalam keidupan nyata.
3 Fiqih Mampu memahami dan mempraktekan fiqih praktis.
4 Tahfidz Mampu menghafal Al-Qur’an sesuai kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an dengan benar dan memahami isi kandungannya
5 Nahwu Mampu membaca kitab gundul sesuai dengan qowaidnya, dapat mengi’rob serta memahami isinya.
6 Shorof Mampu memahami bina, sighoh, wazan kalimat, Qowaidul I’lal, tasrif l istilahi, dan lughowi.
7 Bahasa Arab Mampu berbahasa arab dengan baik dan benar secara lisan, tulisan, dan pendengaran.
8 Ushul Fiqih Mampu memahami metode penetapan hukum Islam.
9 Pengantar Dakwah Mengetahui jatidiri sebagai seorang da’i dan tugas mulia seorang da’i
10 Olahraga Dapat menjaga kesehatan jasmani dan ruhani.
11 Hadits Mampu memahami kandungan, maksud dan penerapan hadits secara benar agar dapat mengaplikasikan secara tepat dalam keidupan nyata.

IX. Proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
Kegiatan belajar mengajar adalah salah satu rangkaian kegiatan klasikal untuk mentrasfer ilmu dari guru kepada murid berdasarkan kurikulum yang telah ditentukan. Kegiatan belajar mengajar dimulai jam 08:00 s/d 11:45 dengan durasi satu jam pelajaran 35 menit.

X. System Penilaian
a. Nilai tahfidz ditentukan dari hasil ujian tahfiz yang di setorkan pada ujian tahfidz sebelum ujian tulis dengan sekali duduk atau kebijaksanaan Ustadz
b. Materi ujian hanya diambil dari materi belajar selama satu semester, jika her/remidi materi ujian semester 1 digabung dengan semester 2
c. Nilai Raport ditentukan dari hasil evaluasi belajar/testing dengan menjumlahkan nilai ulangan harian, mid semester dan nilai semester
d. Kenaikan kelas ditentukan oleh nilai tahfid yang sesuai dengan standar kurikulum tahfidz atau lebih baik dan nilai evaluasi belajar (semester) dengan nilai setiap mata pelajaran diatas 7,0

XI. Kesiswaan (Kesantrian)
Kesantrian adalah kegiatan diluar KBM sebagai kegiatan penunjang yang terdiri dari berbagai kegiatan, baik yang bersifat ruhiyah, jismiyah dan ilmiyah. Diantara kegiatan-kegiatannya adalah :
1. Rukhiyah meliputi
a. Puasa Sunnah
b. Sholat sunnah rowatib
c. Qiyamullail dan
d. Penekanan amalan-amalan sunnah keseharian lainnya

2. Jismiyah meliputi
a. Senam pagi
b. Renang
c. Rihlah
d. Baladiri
e. Bola Voly
f. Tenis meja
g. Badt minton

3. Ilmiyah
a. Dirosah maktabiyah
b. Bahtsul masail / diskusi ilmiyah
c. Bimbingan bahasa Arab dan Inggris
d. Kajian kitab/sorogan
e. Study banding

XII. Kegiatan Ekstra Kurikuler
Adalah salah satu kegiatan untuk menggali bakat dan ketrampilan yang nanatinya akan bermanfaat bagi santri setelah selesai dari pesantren. Diantara kegiatan tersebut :
1. Komputer
2. Tibunnabawi
3. Menjahit
4. Tataboga
5. Kaligrafi
6. Study tour
7. Seminar kewirausahaan
8. Muhadoroh

XIII. Distribusi Alumni
Alumni yang lulus dengan kriteria Baik atau Jayyid akan disalurkan ke lembaga pondok pesantren yang membutuhkan dengan pemantauan selama masa tugas atau langsung melanjutka ke jenjang yang lebih tinggi dengan rekomendasi dari pondok pesantren

6 komentar:

  1. Apakah ada program gratisnya..?

    BalasHapus
  2. Untuk Anak Laki nya ada....
    Dan untuk Biaya Bulanannya berapa ya...
    Syukron

    BalasHapus
  3. Untuk pendaftaran dan Bulanannya berapa

    BalasHapus
  4. Berapa uang pendaftarannya dan uang bulanannya

    BalasHapus
  5. Adakah nmr wa yg bsa dihubungi ? ان شاء الله ana mau dftr in adek perempuan ana utk jenjang smp/mts

    BalasHapus
  6. Saya mau bertanya berapa uang masuk dan berapa uang bulanannya

    BalasHapus